oleh

Buka Klinik Berhenti Merokok

Dilakukan RS Khusus Paru Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews- SEMUA orang tahu bahwa merokok itu, menimbulkan beragam penyakit dalam tubuh manusia. Bahkan, iklan tentang bahaya merokok begitu gencar dilakukan dimana-mana.

Nyatanya, sesuai dari data World Health Organization (WHO), Indonesia tercatat sebagai salah satu pengkonsumsi rokok terbesar di muka bumi ini. Buktinya, beragam penyakit sebagai akibat langsung dari merokok juga terus meningkat tajam.

Diantaranya, adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), penyakit tumor pernafasan dan lain-lainnya. Bahkan kebiasaan merokok saat ini, menjangkiti usia muda, mulai anak pra sekolah, anak dan remaja.

‘’Untuk bisa berhenti merokok, tidak hanya masalah pengaruh bagi kesehatan. Tetapi juga efek adiktif (ketagihan) nikotin yang perlu ditangani secara khusus,’’ papar Kepala RS Khusus Paru Provinsi Sumsel, dr Asep Zainuddin,Sp.PK.

Kepada SuaraSumselNews kemarin, terkait hal itu, RS Khusus Paru Provinsi Sumsel memberikan layanan bagi masyarakat Sumsel. Yakni berupa Klinik Berhenti Merokok. Terobosan ini mendukung, program pemerintah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Hal ini tentunya salah satu upaya untuk berhentikan merokok. Karena, kenyataan di masyarakat bahwa banyak perokok yang ingin mau berhenti merokok. Tetapi kesulitan melakukannya.

Makanya, hadir Klinik Berhenti Merokok untuk memberikan pemahaman tentang dampak merokok. Sekaligus memberikan motivasi untuk berhenti merokok. ‘’Periksalah kondisi fisik sebagai dampak dari merokok. Dan lakukan pengobatan yang harus dilakukan,’’ terang Asep Zainuddin.

Klinik ini buka setiap hari Senin-Jumat saat jam kerja. Juga pasien ke klinik ini, bisa mandiri, datang atas keinginan sendiri atau rujukan dari Puskesmas dan rumah sakit. (*)

laporan : winarni
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed