oleh

BUMDes Kelola Desa Wisata

Mendes Resmikan Embung Air Marga Baru

MUSI RAWAS, SuaraSumselNews- Mendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo. Resmikan Embung Air di Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Senin kemarin (19/2).

Embung Air yang luasnya 50×20 meter itu dengan kedalaman 2,5 meter, dibangun sejak tahun 2017 lalu dengan anggaran yang digelontorkan sedikitnya Rp 300 juta. Kemudian pembangunannya ditargetkan tuntas satu bulan. Dan dikerjakan dengan swakelola (padat karya tunai-red).

Bahwa pembangunannya oleh masyarakat dengan mendapatkan upah Rp 150 ribu untuk tukang, Rp 120 ribu, pembantu tukang dengan pembayaran setiap dua minggu sekali. “Hadirnya Embung Air ini berdampak bagi peningkatan produktifitas pertanian dan perkebunan masyarakat desa dalam memenuhi kebutuhan air. Pasalnya, hanya 45 persen desa kita saat musim hujan, bisa tanam dan sisanya nihil. Dengan adanya Embung Air, petani tanam dan pendapatan masyarakat bisa naik dua kali lipat,” uajr Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Bukan itu saja, menurut Eko,  Embung Air juga bisa dimanfaatkan jadi kolam ikan dan tempat wisata. Ini semua bisa dimanfaatkan hasilnya guna peningkatan pendapatan masyarakat disini,” katanya.

Mendes PDTT tak hanya resmikan Embung Air. Juga melakukan peletakan batu pertama, Desa Wisata dan membuka kegiatan lomba mancing.  Saat bersamaan, diberikan bantuan 15 BUMDes, masing-masing Rp 15 juta. Termasuk bantuan ekonomi rakyat, 15 kelompok masyarakat sejumlah Rp 30 juta per kelompok.

Peletakan batu pertama Desa Wisata di Desa Marga Baru tersebut Kemendes, mengalokasikan anggaran APBN dari Kemendes PDTT untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata. Misalnya, jalan lingkungan menuju tempat wisata, penerangan lokasi wisata, homestay dan MCK. Ditambah alokasikan anggaran, revitalisasi pasar desa sebanyak dua unit. “Pengelolaan wisata nanti akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dalam keuntungan usahanya akan menjadi milik desa,” katanya.

Kunjungan kerja ke Musi Rawas, Mendes didampingi, inisiator Gerakan Desa Membangun Indonesia, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan dan sejumlah pejabat dari Kemendes PDTT dan Pemkab Musi Rawas.

Inisiator gerakan desa membangun Indonesia, Abdul Muhaimin Iskandar memberikan apresiasi yang tinggi pada masyarakat desa yang telah membangun desanya hingga maju. “Kita berharap, supaya pemerintah terus fasilitasi lebih lanjut tentang infrastruktur jalan,” katanya.

Embung Air, Cak imin mengatakan, embung desa merupakan produk nyata yang bisa dinikmati dari dana desa. Disini  ada faktor ekonomi, wisata, pertanian dan kesehatan, termasuk masalah gizi masyarakat.

“Paketnya lengkap yang sangat bermanfaat. Inilah bukti bahwa dana desa sungguh sangat bisa memberikan kemakmuran. Semoga dana desa akan semakin memberikan tambahan dari kebutuhan infrastruktur yang mendesak dibutuhkan masyarakat desa,” kilahnya. (*)

laporan : marzuki
Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed