by

‘Berhentikan Kades Penantian’

Warga Demo di Kantor Bupati OKU

BATURAJA, SuaraSumselNews-, RATUSAN warga Desa Penantian, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), datangi Kantor Bupati, Selasa pagi (20/2). Dengan membawa spanduk dan alat peraga lainnya, dengan tuntutan Kepala Desa (Kades) mereka, Abdul Manan (45), minta segera diberhentikan.

Permintaan tersebut disampaikan, terkait dugaan penyelewengan Dana Desa (DD), termasuk ingkar janji yang dilakukan selama ini. ‘’Puncaknya warga desa disini menggelar demo ke Kantor Bupati guna menyampaikan tuntutan,’’ ujar sejumlah warga kepada SuaraSumselNews kemarin.

Kami sudah bersabar sejak lama atas tingkah laku Kades yang meresahkan warga Desa Penantian. Arogansinya terhadap warga tak bisa ditolerir lagi, jelas Bu Mega bersama puluhan warga pendemo tersebut.

Kedatangan mereka di terima Sekda OKU Ahmad Tarmizi yang mewakili  Bupati. Tampak hadir, Kakan Kesbangpol, Kodim 0403 OKU, Assisten I, Babinkamtibmas  Desa Penantian.

Pada pertemuan tersebut, koodinator  lapangan demo, meminta Bupati dapat memberhentikan Kades yang dinilai ingkar janji dan juga ada dugaan penyelewengan Dana Desa  (DD).

Setelah diterima Sekda, 15 orang perwakilan itu, melakukan negosiasi. Sesudah  keluar dari ruang pertemuan bersama pimpinan daerah. Bu Mega salah seorang dari perwakilan membacakan hasil dari negosiasi tersebut. ‘’Intinya, dari pihak Kepolisian dan Kejaksaan  akan mempelajari laporan warga tersebut.

Sementara dari Inspektorat  mengakui, benar adanya dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan meminta  oknum Kades mengembalikan uang tersebut. Paling lambat 60 hari  ke pihak Inspektorat yang kemudian akan diserahkan ke aparat penegak hukum. ‘’Usai pertemuan, warga peserta demo membubarkan diri  dengan tertib. Kemudian pulang kerumah masing – masing. (*)

laporan : muhamad fikri
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed