oleh

Lambat Datang, Terapkan Disiplin

BATURAJA, SuaraSumselNews- Kunci meraih kesuksesan adalah disiplin. Sebab, dengan menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, tiap orang mampu meraih kesuksesan.

“Kesuksesan bukan berarti harus berhasil meraih kekayaan. Karena sukses itu mempunyai arti, mampu menerapkan disiplin diri untuk menerapkan hal-hal yang dapat membahagiakan kehidupan diri sendiri dan orang lain,” ujar Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 60 Ogan Komering Ulu, Marlina SPd, kemarin.

Sikap disiplin ini, kata Marlina, sudah diterapkan sejak dulu. Ini tertanam karena pengajaran kedua orangtuanya yang sangat disiplin. Menurut  istri pengusaha kayu tersebut, dalam kehidupan rumah tangganya, sikap disiplin menjadi dasar kuat untuk meraih keberhasilan. “Sikap inilah yang saya terapkan di sekolah,” katanya.

Kalau sebelum ini, banyak anak didiknya datang terlambat ke sekolah. Karena pola hidup di daerah,  hal-hal  yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seolah dianggap remeh. Padahal  persoalan sehari-hari itulah menyangkut masa depan mereka.

Maka dengan sikap seorang ibu,  para siswanya diajarkan untuk menghargai waktu sekolah, karena hal itu berkaitan erat dengan masa depan mereka. “Alhamdulillah, dengan cara ini tak ada lagi mereka yang datang terlambat ke sekolah. Bahkan, tidak ada lagi pekerjaan sekolah (PR) yang tertunda ,” katanya.

Jadi, kata Marlina, disiplin itu tak hanya diajarkan ke para siswa saja, namun yang lebih utama adalah membuka kesadaran orangtua mereka. “Akhirnya mereka mengerti betapa pentingnya arti kata disiplin,” katanya. (*)

 

Peliput : Muhammad Fikri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed