oleh

‘LSM-Ormas Terus Dipantau’

  • Kesbangpol OKU tak Pilih Kasih

BATURAJA, SuaraSumselNews- Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), termasuk media massa, fungsinya adalah sebagai sosial kontrol pemerintah.

‘’Kesemuanya adalah tanggung jawab dan pembinaan Kesbangpol. Kegiatan dilapangan, terus dilakukan pemantauan. Termasuk jaringannya, demi menjaga ketertiban dan keamanan,’’ ujar Rustam Alfani, SE, MSi, Kabid Ketahanan,Ekonomi,Budaya, Agama dan Kemasyarakatan Kesbangpol OKU.

Dikatakan, semua LSM dan Ormas yang diberi pembinaan tersebut berupa bantuan dana hibah yang berasal dari APBD.  Dan untuk mendapatkan dana tersebut, harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Misalnya, ada Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang masih berlaku, termasuk pengurus yang aktif sesuai akte pendirian. ‘’Ini semua sebagai panduan untuk ditindaklanjuti keabsahannya,’’tambahnya.

Selain itu, tentunya, tidak semua Ormas dan LSM akan mendapat bantuan tersebut. Hal itu  sebagai penyebabnya terbatasnya anggaran melalui  APBD Pemkab OKU. Namun demikian, bila benar-benar aktif dan memenuhi kritaria dan aturan, pasti akan mendapatkan prioritaskan, diusulkan.

Mungkin saja tahun ini belum dapatkan dana hibah, toh bila memang benar produktif, tahun berikutnya akan akan mendapatkan bantuan. ‘’Kita tidak pilih kasih penentuan LSM – Ormas yang diberikan bantuan. Intinya bila syarat lengkap dan dana tersedia, pasti dibantu,’’ kilahnya. (*)

liputan : muhammad fikri
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed