by

Terbakar, Kantor Lurah Pelita Jaya

  • Kini Menumpang di Rumah Ketua RT 01

LUBUKLINGGAU, SuaraSumselNews- SELASA dini hari (30/1), terjadi kebakaran yang dialami oleh Kantor Lurah, Kelurahan Pelita Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Kejadiannya sekitar pukul 2.30WIB dini hari itu, api melahap seluruh bangunan gedung tersebut.

Terbakarnya kantor ini diduga akibat arus pendek dari aliran listrik PLN. Menurut saksi mata, Feri (36), rumahnya yang berdekatan dengan kantor tersebut mengaku, peristiwa itu tidak diketahui pasti awal api menyala. Namun yang ia ingat pukul 2.30 saat terbangun dari tidur. Saat itu juga segera keluar rumah setelah mendengar suara pecahan kaca dan plafon gedung.

‘’Aku tebangun pukul 2.30 WIB. Pas terbangun aku lah panik dan kaget. Lantas keluar membangunkan keluarga dan berteriak minta tolong. Setelah warga bangun, kita melakukan pemadaman dengan alat seadanya, sebelum Damkar datang,”  terangnya.

Kata Feri, pihak Damkar datang dengan 4 armada, sekitar 25 menit setelah kejadian. ‘’Blangwir (sebutan mobil Damkar) datang dengan 4 mobil. Dan sekitar 1 jam lamanya api baru bisa dijinakan,” akunya.

Sementara, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat, Iptu Sofian Hadi membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran tadi malam. Pihaknya pagi Selasa telah melakukan identifikasi dan olah TKP untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

“Telah kita hadirkan tim identifikasi dari Polres Lubuklinggau. Maksudnya guna mencari penyebab api. Dan kita belum dapat memutuskan apa penyebabnya. Saat ini lagi proses identifikasi masih berlangsung,’’ urainya.

Sementara dugaan kita masih pada hubungan arus pendek listrik, paparnya. Kapolsek menambahkan, sementara waktu Kantor Lurah dipindah tempatkan ke rumah Ketua Rukun Tetangga (RT) 01. Kebetulan lokasinya dekat dengan Kantor Lurah. ‘’Pelayanan masyarakat harus tetap berjalan sebagaimana mestinya,’’ tambahnya.

“Untungnya berkas terkait Pilkada tak berada di Kantor Lurah terbakar tersebut. Artinya, berkas Pilkada aman, sebagian barang yang bisa diselamatkan dipindahkan ke rumah Ketua RT 01’’ urai Kapolsek.

Hal senada diungkapkan Lurah Pelita Jaya, Bahrin memaparkan bahwa pihaknya tidak tau kronologis pastinya. Saat kejadian mereka tak berada dilokasi. Namun yang pasti langkah kedepannya harus kita tindaklanjuti lancarnya roda pemerintahan disini.

Diketahui, sebagian barang dan berkas yang tersisa, saat ini  ada di rumah ketua RT 01. ‘’Sementara kita layani masyarakat untuk berurusan di rumah Ketua RT. Sedangkan total kerugian, belum dapat memastikan nominalnya. Namun, barang dilalap api, dua set komputer, printer, televisi, kipas angin, witeless, kursi dan benda invetaris lainnya. (*)

liputan : marzuki
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed