by

UNBK Harus Jadi Rujukan

INDRALAYA, SuaraSumselNews- Sekolah yang menggunakan sistem full day school sangat berperan untuk meningkatkan kecerdasan siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk tujuan itu, pihak sekolah perlu melakukan koordinasi dengan seluruh wali murid untuk menjelaskan beberapa kebijakan.

“Kegiatan itu untuk menetapkan jadwal khusus Ekstra Kulikuler (eskul). Dengan demikian dapat digunakan sebagai prestasi bagi seluruh anak didik. Apalagi SMA Negeri I Indralaya saat ini menyandang gelar sekolah  berprestasi, maka program itu bisa menjadi rujukan,” ujar Kepala SMA Negeri I Indralaya, Dra Rasnainah MM, di ruang kerjanya, kemarin.

Karena itu, Rasnainah meminta kepada seluruh pendidik di sekolahnya untuk menerapkan kualitas pembelajaran menghadapi UNBK. “Paling tidak, sebelumnya perlu menetapkan jadwal khusus Extra Kulikuler (eskul) dengan cara menggunakan waktu full day school,” katanya.

Menurut dia, kebijakan itu dilakukan untuk mewujudkan siswa-siswa SMA Negeri I Indralaya yang berkualitas baik. Karena itu ia meminta agar melakukan koordinasi dengan seluruh wali murid sehingga harapan itu dapat diwujudkan.

Sementara itu, Ketua Komite SMAN I Indralaya Ogan Ilir, Drs H Iklim Cahya MM, menambahkan,  SMAN  I Indralaya memiliki berbagai pasilitas menuju sekolah berstandar internasional. Karena itu, terkait beberapa kesepakatan yang diambil, seperti SPP dan sumbangan, semua itu untuk membantu menunjang terlaksananya sistem pendidikan yang lebih berkualitas.

Meski demikian,  pihak komite dan sekolah tidak akan memberatkan wali murid yang memang  tergolong tidak mampu. Pihak sekolah dan komite tetap membuka ruang bagi wali murid untuk membicarakannya, sehingga tidak terjadi keluhan yang dapat mengganggu proses belajar dan mengajar.

Cahya mengatakan, segala persoalan di sekolah tidak harus dibawa keluar.  “Lebih baik dibicarakan secara internal,  sehingga keharmonisan hidup antara guru, wali murid dan komite sekolah tetap terjalin,” katanya.

Dia juga menambahkan, pendidikan adalah hal yang paling terpenting dalam kehidupan ini. Karena itu harus dijalani secara baik dan sempurna, sehingga akan memperoleh hal yang sempurna. (*)

 

Peliput  :  Gusti Muhammad Ali
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed