by

APDESI Bina Kades Jadi Andal

  • Laksanakan Pra Musda 

PALEMBANG, SuaraSumselNews PRA Musyawarah Daerah Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumatera Selatan (Sumsel), dihadiri sejumlah perwakilan kepala desa (Kades). Acara dilaksanakan di Hotel Santika, Senin kemarin (15/1).

Musyawah kali ini dihadiri, Sekjen DPP APDESI, Fifin Arifin, Panitia Pelaksana, Abi Kaswani, Muhammad Aminnudin SH dan Firli SH. Ketua Panita Pelaksana, Abi Kaswani mengatakan, pra musyawarah merupakan awal memasuki Musda.

Hal itu atas dasar SK panitia, 24 Desember 2017. ‘’Alhamdulillah, Senin (15/1) dapat terealisasi sesuai acuan dari APDESI,’’ujarnya. Kita akan melangkah tahapan Musda dan pemilihan Ketua APDESI. Dan update asosiasi pemerintahan desa seluruh Indonesia, utamanya di Sumsel.

‘’Diharapkan semua peserta mensukseskan Pra Musda hingga pelaksana  Musda yang direncanakan bersama,’’ kilahnya. Harus siap bekerja sama dengan lembaga hukum guna dampingi rekan-rekan Kades. Tujuannya, agar paham pelaksanaan pemerintahan desa yang baik. Termasuk sistem pelayanan terhadap masyarakat desa.

‘’Bimbingan tersebut akan memberikan langkah yang positif bagi pelaskana pemerintahan desa,’’tutur Abi Kaswani. Asosiasi, pemerintahan desa di Sumsel siap membantu pemerintah yang handal. Baik dari tingkat provinsi hingga tingkat desa.

Terbentuknya APDESI Sumsel yang meliputi 14 kabupaten/kota bertujuan menghimpun kebersamaan dalam pelaksanaan pemeritnahan desa. Kades yang bekerja dengan baik, namun karena kesalahan administrasi, toh mendapat permasalahan negatif. ‘’Tujuannya, agar bekerjalah dengan baik dan jangan takut dihantui oleh persoalan yang berdampak negatif,’’ pintanya.

Sementara, Sekjen DPP APDESI, Ifin Arifin menambahkan, Musda pertama ini adalah evaluasi prekursor kepengurusan masa lalu. Kemudian menyusun program 5 tahun ke depan bagi pengurus baru. Juga, memilih kepengurusan DPD APDESI Sumsel priode 2018-2023.

“Tadinya kita akan mengadakan Musda Februari atau Maret. Tapi karena pemegang mandat tak mau dua kali terima mandat hingga Januari 2018, makanya mandat kita laksanakan bulan ini. ‘’Organisasi harus berjalan secara profesional dan tidak ada nuansa politik,” tegasnya.

Bahwa sebelum masuk Musda, kita akan mencalonkan sejumlah nama sebagai Ketua, Wakil, Bendahara dan Seketaris. Tujuan, mereka yang akan mengakomodir para Kades. ‘’Semoga organisasi ini mampu memberikan pencerahan. Apakah itu tentang pengetahuan termasuk tertib administrasi desa,’’ papar Ifin Arifin. (*)

liputan : asri

 

Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed