oleh

‘Guru Honorer Tersanjung’

  • Harno Serahkan Insentif Rp 500 Ribu

PALEMBANG, SuaraSumselNews- RIBUAN guru honorer SD dan SMP di Kota Palembang merasa tersanjung dan bangga. Pasalnya mereka bertemu langsung Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Rabu kemarin (10/1).

Kegembiraan campur haru itu terungkap setelah 1.200 guru honorer K-2 dan TKS dapatkan insentif dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. ‘’Insentif Rp 500 ribu perorang itu, diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota H Harnojoyo, di halaman Kantor Disdik Kota Palembang.

“Ya, ini bentuk kepedulian terhadap tenaga pengajar di Kota Palembang. Mereka adalah pahlawan pendidikan. Dan selayaknya kita beri penghargaan,”ujar Harnojoyo dengan bangga.

Kata dia, besarnya Rp 500 ribu perorang setiap bulan. “Untuk saat ini kita beri insentif perbulan sejumlah itu. Namun mudah-mudahan tahun depan, dinaikkan hingga Rp 1 juta perbulan,”jelasnya.

Selain itu, Harnojoyo memberikan kabar gembira kepada para guru TKS, dengan memberikan SK Walikota.  “Para guru TKS selama ini mengurus Sertifikasi terkendala dengan SK. Karena selama ini tidak memiliki SK dari BKD dan mereka hanya bekali SK kepala sekolah. ‘’Saya tegaskan semua guru TKS segera mendapat SK resmi dari BKD,” ujar Harno lagi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang  Ahmad Zulinto, menambahkan, sebanyak 1.050 guru honor dan K2 disekolah diberikan insentif. Mereka yang namanya terdaftar didata dapodik di Dinas Pendidikan Kota Palembang. Dan dari data tersebut nantinya kita lihat masa kerja dan dibatasi dari 5 tahun keatas serta mempunyai UNPTK.

“Mereka yang mendapatkan insentif,  bukan hanya guru honor  saja. Tetapi  tenaga kependidikan pun seperti tata usaha, operator sekolah dan penjaga sekolah yang  memenuhi syarat mendapatkan insentif,”urainya.

Bagi yang tidak mempunyai UNPTK,karena tak linier ijazanya dan terganjal ijazanya akan tetapi masa kerjanya 5 tahun atau lebih, mereka juga akan diberikan insentif.

Berdasarkan edaran menteri tentang legalitas pengunaan dana BOS, maka mereka akan diberikan SK dari Wali Kota Palembang dan juga bisa mengikuti sertifikasi bagi guru honor SD dan SMP.

Pemberian SK tersebut untuk memberikan kesejahteraan para guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Apabila  kesejateran sudah tercapai, otomatis pendidikan akan meningkat, papar Zulinto.

Ditambahkan Kabid SMP Disdik Kota Palembang, Drs Herman Wijaya MSi merasa terharu dengan diberikan insentif tersebut. ‘’Terimakasih para guru honorer K2 dan TKS yang mengabdi sedikitnya 5 tahun itu. Dan wajar mereka dapatka insentif,’’ kilahnya. (*)

liputan : fadel/sirlani
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed