by

Soal Sampah, Ciptakan Kesadaran Warga

INDRALAYA,  Suara SumselNews– Gorong-gorong (saluran air) di areal pertokoan  Taman Permata Indah Indralaya Ogan Ilir mampet total. Akibatnya, selain saluran air di wilayah itu tidak berjalan, suasanannya menebarkan bau yang tak sedap.

Dari pantauan media ini di lapangan, keadaan itu terjadi akibat kurangnya fasilitas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Kabupaten Ogan Ilir. Dampak buruknya, selain saluran air mampet dan menebarkan bau busuk, kondisi kebersihan di tempat itu parahnya bukan main.

Kelurahan Indralaya Mulya,  Abdulher S.Sos MSi, mengatakan sampah yang dibuang di sembarang tempat menyebabkan saluran air menjadi tersendat. Akibatnya air tak dapat mengalir dengan baik. “Bahkan mampetnya membuat air menggenang dan berbauk busuk. Satu di antara gorong-gorong saluran air di depan pertokoan Taman Permata Indah Indralaya Ogan Ilir ,” katanya.

Abdulher berharap agar masyarakat berinisiatif untuk tetap menciptakan kebersihan dan keindahan kota. Dengan demikian sampah-sampah yang dibuang tidak berhamburan dan mempengaruhi saluran air yang ada di lingkungan setempat. “Ciptakan kesadaran di dalam diri kita,’ katanya.

Perilaku kesadaran  seperti itu wajib dimiliki masyarakat. Dengan demikian, berarti masyarakat telah ikut menyukseskan program bersih, indah dan sehat. “Kalau tidak kita siapa lagi. Jadi sekarang inilah waktu untuk menumbuhkan kesadaran itu.”

Ketika masalah itu dikonfirmasi ke Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Kabupaten Ogan Ilir, dari institusi itu tak memberi komentar. Hanya diperoleh informasi bahwa instansi ini masih sangat kekurangan fasilitas dan tenaga kerja. (*)

 

Peliput  : Gusti Muhamad Ali.
Editor    : Anto Narasoma
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed