oleh

Pergoki Maling Seng, Koni Tewas

MUSIRAWAS, SuaraSumselNews Pencurian disertai pembunuhan terjadi di Pal 10 Dusun Suka Cinta Kelurahan Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas. Dalam perkelahian seru antara Sudirman bin Gerak (37) dengan Koni bin Hasan (49), terjadi pertumpahan darah.

Dalam perkelahian itu, Koni tewas dibacok di kepala dan ditembak di dadanya oleh Sudirman. Akibat luka di kepala sepanjang lima senti meter dan kedalaman lukanya tiga senti meter, koni meregang nyawa. Bahkan setelah ditembak di dada kirinya dengan senjata rakitan (senpira) Koni akhirnya tewas di tempat kejadian.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, pada Jumat malam (8/12) sekitar pukul 21.00 Wib, Koni dan anaknya Tanti (8), mengintai secara diam-diam keadaan tempat tinggalnya, karena dalam beberapa minggu terakhir  ia telah kehilangan seng yang terpasang di sepanjang sekitar 200 meter.

Dalam pengintaian itu Koni dan anaknya melihat pelaku yang jalan mengendap-endap di sekitar pondoknya. Ketika dipergoki, Sudirman melakukan perlawanan sehingga terjadi perkelahian sengit. Akibat saling serang¸ akhirnya Sudirman berhasil membacok kepala Koni hingga terluka parah. Bahkan, setelah menembak Koni dengan senjata rakitan (senpira) yang dibawanya, akhirnya korban tewas tergelimpang di tempat terjadinya perkara pembunuhan itu.

Setelah membunuh lawannya, Sudirman melarikan diri dari tempat tersebut. Namun dia lupa membawa parang dan senapan angin, alat untuk membunuh Koni. Sejak terjadinya peristiwa itu, Sudirman tak berani pulang ke rumahnya.

Sementara Abu Husin dan Kebun Kancil warga Pal 11 Dusun Suka Cinta Kelurahan Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas yang kebetulan melewati lokasi pembunuhan menemukan Koni yang tergeletak tak jauh dari rumahnya. Bahkan ia juga melihat anak korban Tanti (8) dalam keadaan trauma, menunggu jasad ayahnya.

Akhirnya Kapolsek Jayaloka, AKP Al Busro beserta unit Reserse Kriminal (Reskrim) menerima informasi dari keluarga tersangka yang menyatakan bahwa Sudirman akan melarikan diri. Setelah menerima laporan itu, Kapolsek Jayaloka, AKP Al Busro bersiap melakukan penangkapan terhadap Sudirman. Bersama Kades Sidodadi, Eri Efendi dan tokoh masyarakat, Gunawan segera menangkap pelaku pembunuhan itu di Jalinsum Desa Kebur Kecamatan Tiang Pung Kepungut (TPK) Kabupaten Musi Rawas.

Saat ditangkap, di sebelah kiri kepala Sudirman terdapat luka bacok sepanjang 25 senti yang sudah diobati dengan 20 jahitan.  Kapolsek Jayaloka, AKP Al Busro, mengatakan akibat pembunuhan itu warga Pal 10 Dusun Suka Cinta Kelurahan Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka marah bukan main.

“Untuk mencegah perlakuan amukan warga, kami harus mengamankan Sudirman. Kami takut warga melakukan perbuatan anarkis terhadap pelaku,’’ kata Al Busro, Sabtu pagi (23/12).  Menjawab pertanyaan wartawan tentang perbuatan Sudirman yang telah membunuh warga sedesanya, Koni, Al Busro mengatakan pelaku akan dikenakan pasal 338 KUHP. (*)

 

Peliput : Marzuki
Editor  : Anto Narasoma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed