oleh

Jangan Jadi Penonton Pilkada

LUBUKLINGGAU, SuaraSumselNews- SOSIALISASI pengawasan partisipatif Pilkada serentak 2018 dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”. Kegiatan digelar Panwaslu Kota Lubuklinggau, di Ballroom Hotel Hakmaz Taba, kemarin (26/12).

Sosialisasi ini dihadiri Kurniawan mantan Komisioner Bawaslu Sumsel yang bertindak sebagai pemateri. Juga, Komisioner Panwaslu, Kasek Panwaslu, Panwascam, Kasek Panwascam, Bem, OKP, Pelajar, se-Kota Lubuklinggau.

Panitia pelaksana, Hendri Almawijaya mengatakan, tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman pada stakeholder dan masyarakat. Sosialisasi, amat penting sesuai dengan porsinya. Dan peran penting pesta demokrasi yang akan di laksanakan Pilkada serentak 2018 mendatang.

Ketua Komisioner Panwaslu Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husen, menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan sesuai UU No 7 tahun 2017, tentang pengawasan Pilkada, menyelesaikan sengketa dan pencegahan.

“Bawaslu sangat membutuhkan dukungan masyarakat dan stakeholder. Hal ini karena keterbatasan kita untuk mengcover wilayah Lubuklinggau. Makanya kita membutuhkan partisipasi dan kerjasama dari semua elemen masyarakat,’’ bebernya

Hakekatnya masyarakat bukan sebagai penonton dalam pesta demokrasi. Melainkan masyarakat yang memiliki peran besar dalam mewujudkan Pilkada berkualitas, bersih, jujur dan terbuka. Tujuannya, terciptanya pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

Diminta semua unsur masyarakat untuk pro aktif, mengamati, melapor dan memberi tindakan dalam pengawasan potensi pelanggaran pemilu. Maksudnya, agar mampu diproses hukum dan timbul efek jera demi suksesnya pemilu, kilahnya. (*)

 

liputan : marzuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed