oleh

Bobol Ruko, Tangkap Warga

PANGKALAN BALAI, SuaraSumselNews- PULUHAN warga RT 07 Kelurahan Kayuara Kuning, Kecamatan Banyuasin III (Banyuasin), gagalkan aksi pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Hal itu

Dilakukan percobaan pembobolan rumah toko (ruko) yang berisi barang dagangan manisan.

Pelaku dengan jumlah tiga orang yang dicurigai itu, digrebek warga saat menjalankan aksinya. Belum sempat merusak pintu belakang ruko, dua orang pelaku tertangkap setelah dikepung massa. Pasalnya aksi mereka telah dicuriga sebelumnya oleh warga.

Pengakuan dua pelaku tertangkap warga itu adalah warga dari Km17 dan Km20, Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Alasan kedua pelaku, mereka ingin mengambil sepeda motor temannya terparkir di depan ruko tersebut.

Ana, ibu rumah tangga yang pertama melihat tiga pelaku mengakui, gerak gerik mencurigakan dari dekat ruko yang tidak jauh dari rumahnya. Melihat hal tersebut langsung memberi tahu suaminya. Lalu, mengumpulkan warga untuk menggerebek para pelaku. Namun, setelah kejar-kejaran akhirnya dua pelaku dapat ditangkap.

“Waktu itu saya keluar rumah sekitar pukul 00.15 WIB malam. Melihat ada orang yang mencurigakan, lalu saya bangunkan suami yang sedang tidur. Ada orang ingin maling dalam ruko tetangga, yang sebelumnya telah tiga kali di bobol maling selama tahun 2017,” ujarnya.

Penggerebekan dilakukan saat pelaku memulai menjalankan aksinya, dengan rencana membobol pintu jendela belakang ruko. Saat itu langsung dipimpin oleh Heri Saputra melihat kondisi ruko. Nyatanya kala itu tanpa penghuni. Melihat aksi nekat pelaku, warga  melakukan penangkapan.

“Memang setiap malam ruko ini tanpa penghuni. Bahkan sudah tiga kali dibobol. Kali ini rencana mereka gagal setelah tertangkap tangan oleh warga dan komplotan tersebut tak bisa berkutik,” ujar Heri.

Sementara, Ketua RT07 Kelurahan Kayuara Kuning, Selamet Riadi menambahkan, kronologi terjadinya penggerebekan, saat pelaku baru memulai menjalankan aksinya. Dan kecurigaan warga semakin jelas dan pelaku dikepung warga secara beramai-ramai.

Dari ke tiga orang komplotan, dua orang berhasil diamankan. Salah satu dari mereka melarikan diri ke arah belakang ruko. Sampai hadirnya anggota kepolisian dilokasi kejadian belum juga menyerahkan diri. Warga mencurigai komplotan tersebut sering melakukan pembobolan ruko. (*)

 

liputan : martin
Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed