oleh

PLN Nyalakan Gardu Traksi LRT

PALEMBANG, Suara Sumsel News – Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu membutuhkan total daya listrik untuk pasokan LRT sebesar hampir 40 MVA.  Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu kebutuhan total daya untuk pasokan LRT sebesar hampir 40 MVA, Kebutuhan itu disupply dari sembilan gardu induk Kota Palembang dengan total kapasitas 815 MVA, 9 gardu hubung dan 18 penyulang sepanjang 83.6 kimometer sirkit (kms).

Sebelum pemasokan arus listrik tersebut, Direktur Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto bersama manajemen PLN se-Kota Palembang akan meninjau langsung persiapan pasokan untuk kebutuhan LRT yang membentang dari bandara SMB II hingga Jakabaring sepanjang sekitar 23.40 kilometer. ‘’Pasokan itu dilakukan ke sembilan station traksi (charging kereta) dan 13 station penumpang,’’ ujar  Wiluyo kepada Suara Sumsel News, kemarin.

Menurut GM PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Daryono,  kebutuhan total daya untuk pasokan LRT sebesar hampir 40 MVA. Kebutuhan itu disupply dari sembilan 9 gardu induk Kota Palembang dengan total kapasitas 815 MVA, 9 gardu hubung dan 18 penyulang sepanjang 83.6 kms. ‘’Keandalannya masing-masing station akan disupply minimal dari 2 supply dari gardu induk/trafo yang berbeda dengan fasilitas ATS (Automatic Transfer Switch) dan sistem SCADA,’’ katanya.

Daryono menjelaskan, persiapan yang dimulai sejak Maret 2017 itu, hingga saat ini sudah mencapai 90%. Misalnya,  pelaksaaan pekerjaan penarikan SKTM 83.6 kms mencapai 100%,  peninggian tower transmisi di  tiga titik perlintasan (KM 5, depan Polresta, depan OPI Mall),  mencapai 100%.

Selain itu, pembangunan tambahan gardu induk baru (GI Gandus 100%) yang dioperasikan Oktober 2016, GI New Jakabaring 100%,  dioperasikan November 2016, GI Kenten 87.43% on going progres, direncanakan operasi bulan Desember 2017 ini. ‘’Untuk itulah kita bangun gardu gardu hubung mencapai 100%, dirangkai dengan pemasangan kubikel di station on progres,’’ katanya.

Untuk tahap awal yang sudah siap dinyalakan adalah Gardu Traksi 8 yang lokasinya di depan GOR Jakabaring, Gardu Traksi 7 di depan Polresta Palembang dan Stasiun OPI di depan OPI Mall. Hal ini dilakukan sebagai dukungan PLN untuk persiapan pengujian peralatan dan unit kereta LRT.

Sementara itu, untuk mendukung pasokan listrik untuk Perhelatan Asian Games 2018, PLN melakukan persiapan  untuk penguatan wilayah Jakabaring, memprediksi kebutuhan pasokan daya untuk penyelenggaraan Asean Games di kawasan JSC sebesar 20-25 MW yang disiapkan dari Gardu Induk Jakabaring dengan kapasitas 2 x 60 MVA atau 120 MW.

Sedangkan  untuk mendukung penyelenggaraan tersebut, PLN mengembangkan skema ZDT (Zero Down Time) di lokasi Jakabaring Sport City. Untuk mendukung program itu, PLN telah menyiapkan suplai dari GI New Jakabaring dengan Backup GI Bungaran, GI Sungai Juaro serta PLTMG Jakabaring 3×16 MW. (ril/asr)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed