by

Satgas Cek Harga Sembako

LUBUKLINGGAU, SuaraSumselNews- TIM Satuan Tugas (Satgas) pangan, terdiri dari Disperindagrin, Kepolisian, Bulog dan Sat Pol PP melakukan inpeksi mendadak (sidak). Khusus untuk harga sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Inpres, Rabu pagi (13/12).

Sidak tersebut memastikan stok sembako aman dan tidak terjadi lonjakan harga jelang Natal dan Tahun Baru 2018. Tim Sidak yang dipimpin Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, didampingi Kapolres, AKBP Sunandar, Kepala BPS Sumsel, Kadisperindagrin, H Hidayat Zaini dan Kansilog, Yonas.

Hal itu dilakukan berupa kegiatan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OPCBP) diterminal Kalimantan. “Hasil pantauan kepada pedagang, harga sembako tetap stabil, stoknya pun cukup. Meski ada kenaikan harga, tapi tak menonjol,” ujar Sulaiman.

Kata dia, OPCBP berupa beras, gandum, gula dan minyak goreng diharapkan mampu meminimalisir kenaikan sembako. “Kegiatan tersebut amat positif  dan  tentunya masyarakat terbantu,’’ jelasnya.

Kapolres, AKBP Sunandar menambahkan, hasil peninjauan ada sejumlah komuditas yang memiliki cendrungan bakal naik. Seperti harga ayam potong, sebelumnya Rp 27ribu/kg, sekarang Rp 30 ribu.

Pastinya, stok aman, tapi memang ada aksi ambil untung oleh pedagang karena kebutuhan meningkat mendekati Natal dan Tahun Baru. ‘’Ini jadi perhatian tim petugas. Dan Satgas pangan melakukan pemahaman dan pendekatan persuasif agar aksi ambil untung tak berlebihan,” tegas Kapolres.

Juga, Kansilog Bulog Yonas menguraikan, operasi pasar beras yang digelar Tim Satgas pangan menjual beras CBP perkilogramnya Rp 8.000. Dan beras itu sudah dikemas dalam paket plastik. Setiap paket beratnya 5 kg dengan harga jual Rp 40 ribu.

Kemudian paket berisi gandum, gula dan minyak goreng harga Rp 30 ribu perpaket. “Masyarakat yang ingin membeli harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat kepada petugas,”tegasnya. (*)

liputan : marzuki
editor    : anwar rasuan
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed