by

Warga Musi Landas Hijrah ke Mainan

PANGKALAN BALAI, Suara Sumsel News- PEMILIHAN Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan cara e-voting di Kabupaten Banyuasin, telah usai. Namun dibalik itu, ada keluhan sebagian warga Musi Landas dari Rukun Tetangga (RT) XI, mereka tidak menyalurkan hak suara dalam Pilkades Purwosari.

Pasalnya, diketahui warga RT XI bukannya masuk wilayah Desa Purwosari. Namun dari tertib administrasi pemerintahan disini, warga masuk wilayah Desa Mainan Kecamatan Sembawa. Hal itu dibuktikan atas dasar SK Bupati tahun 2014.

Terkait hal itu dampaknya, banyak warga tetap bersikukuh bahwa mereka masih masuk Desa Purwosari. Hal itu dibuktikan dengan memiliki Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang tercatat sebagai warga Desa Purwosari. ‘’Dari kejadian ini sempat membingungkan  warga. Dan saat Pilkades Purwosari, mereka batal ikut menyalurkan hak suaranya’’.

Kepada media ini kemarin, Camat Kecamatan Sembawa, Hj Nurlaila, S.Sos, MSi menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan musyawarah antar dua desa, Purwosari dengan Mainan. Hasil keputusan tersebut bahwa warga RT XI siap ikut masuk (hijrah-red) ke Desa Mainan.

Makanya, semua warga RT XI yang masih tercatat sebagai warga Desa Purwosari, segera memindahkan adminsitrasi kependudukan ke Desa Mainan. Juga Pemdes Purwosari tidak lagi berhak melayani warga RT XI dalam urusan adminsitrasi pemerintahan, ujarnya.

Lain halnya sejumlah warga RT XI disini mengatakan, mereka siap ikut masuk wilayah Desa Mainan. Namun mereka berharap untuk pengalihan adminsitrasi kependudukan dari Desa Purwosari ke Desa Mainan, hendaknya pihak pemerintah setempat yang mengurusnya.

Sementara, Kades Mainan, Muhamad Din mengakui setelah adanya keputusan hasil musyawarah tersebut, pihaknya tetap berupaya mempertahankan warga RT XI berada dalam wilayahnya. Hal itu sesuai keputusan Pemkab Banyuasin melalui SK Bupati tahun 2014 lalu.

Tambah Kades Mainan ini, dalam urusan administrasi kependudukan, pihaknya akan jemput bola. Apapun kepentingan warga, baik kependudukan, KTP dan lainnya, akan diurus sebaik mungkin. (*)

peliput : temy gunawan
editor   : anwar rasuan
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed